Ragam Indikator
Keterampilan Proses Sains
No
|
Ragam Indikator
Keterampilan Proses Sains Menurut Para Ahli
|
|
Menurut
|
Indikator Keterampilan
Proses Sains
|
|
1
|
Rustaman (2005:86)
|
Observasi,
klasifikasi, interpretasi, prediksi, mengajukan pertanyaan, berhipotesis,
merencanakan percobaan, menggunakan alat bahan, menerapkan konsep,
berkomunikasi, melaksanakan percobaan.
|
2
|
Semiawan (1986:21)
|
Observasi,
menghitung, mengukur, mengklasifikais, mencari hubungan ruang/waktu, membuat
hipotesis, merencanakan eksperimen, mengendalikan variabel, menginterpretasi,
inferensi, memprediksi, mengaplikasi dan mengkomunikasikan.
|
3
|
Barba dalam Pudyo (1999:72) dikutip
Fatmawati (2012:51)
|
Dibedakan
menjadi keterampilan proses dasar dan keterampilan proses terintegrasi.
Keterampilan proses dasar meliputi: observasi, klasifikasi, pengukuran,
komunikasi, menyimpulkan, prediksi, hubungan tempat atau waktu, penggunaan
angka dan identifikasi variabel. Sedangkan keterampilan proses terintegrasi
meliputi: penyususnan hipotesis, pengontrolan variabel, investigasi,
pendefinisian operasional dan eksperimen.
|
Menurut
Rustaman (2005:86) keterampilan proses sains terdiri dari sepuluh komponen
keterampilan, yang tertuang dalam indikator dan sub indikatornya yaitu:
Indikator
dan Sub Indikator Keterampilan Proses Sains
No.
|
Indikator
|
Sub Indikator
|
1.
|
Mengamati/
observasi
|
-
Menggunakan sebanyak mungkin
indera
-
Mengumpulkan/ menggunakan fakta
yang relevan
|
2.
|
Mengelompokkan
klasifikasi
|
-
Mencatat setiap pengamatan
secara terpisah
-
Mencari perbedaan, persamaan
-
Mengontaskan ciri-ciri
-
Membandingkan
-
Mencari dasar pengelompokkan
atau penggolongan
-
Menghubungkan hasil-hasil
pengamatan
|
3.
|
Menafsirkan/
interpretasi
|
-
Menghubungkan
hasil-hasilpengamatan
-
Menemukan pola dalam suatu seri
pengamatan
-
Menyimpulkan
|
4.
|
Meramalakan/
prediksi
|
-
Menggunkan pola-pola hasil
pengamatan
-
Mengemukakan apa yang mungkin
terjadi pada keadaan yang belum diamati
|
5.
|
Mengajukan
pertanyaan
|
-
Bertanya apa, bagaimana dan
mengapa
-
Bertanya untuk meminta
penjelasan
-
Mengajukan pertanyaan yang
berlatar belakang hipotesis
|
6.
|
Berhipotesis
|
-
Mengetahui bahwa ada lebih dari
satu kemungkinan penjelasan dari suatu kejadian
-
Menyadari bahwa suatu penjelasan perlu diuji kebenarannya
dengan memperoleh bukti lebih banyak atau melakukan cara pemecahan masalah
|
7.
|
Merencanakan
percobaan/penelitian
|
-
Menentukan alat/bahan/sumber
yang akan digunakan
-
Menentukan variabel/faktor
penentu
-
Menentukan apa yang akan diukur,
diamati, dicatat
-
Menentukan apa yang akan
dilaksanakan berupa langkah kerja
|
8.
|
Menggunakan
alat/bahan
|
-
Memakai alat bahan
-
Mengetahui alasan mengapa
menggunakan alat/bahan
-
Mengetahui bagaimana menggunakan
alat/bahan
|
9.
|
Menerapkan
konsep
|
-
Menggunakan konsep yang telah
dipelajari dalam situasi baru
-
Menggunakan konsep pada
pengalaman baru untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi
|
10.
|
Berkomunikasi
|
-
Mengubah bentuk penyajian
-
Memberikan/menggambarkan data
empiris hasil percobaan atau pengamatan dengan grafik, tabel atau diagram
-
Menyusun dan menyampaikan
laporan secara sistematis
-
Menjelaskan hasil percobaan atau
penelitian
-
Membaca grafik, tabel atau
diagram
-
Mendiskusikan hasil kegiatan
suatu masalah atau suatu peristiwa
|
(Rustaman, 2005:86)
Adapun yang akan
dijadikan indikator dalam penelitian ini mengacu pada indikator keterampilan
proses sains menurut Rustaman (2005:86) meliputi:
Indikator
Keterampilan Proses Sains untuk Penelitian
No.
|
Indikator
|
Sub Indikator
|
1.
|
Berhipotesis
|
-
Mengetahui bahwa ada lebih dari
satu kemungkinan penjelasan dari suatu kejadian
-
Menyadari bahwa suatu penjelasan perlu diuji kebenarannya
dengan memperoleh bukti lebih banyak atau melakukan cara pemecahan masalah
|
2.
|
Merencanakan
percobaan/penelitian
|
-
Menentukan alat/bahan/sumber
yang akan digunakan
-
Menentukan variabel/faktor penentu
-
Menentukan apa yang akan diukur,
diamati, dicatat
-
Menentukan apa yang akan
dilaksanakan berupa langkah kerja
|
3.
|
Menggunakan
alat/bahan
|
-
Memakai alat bahan
-
Mengetahui alasan mengapa
menggunakan alat/bahan
-
Mengetahui bagaimana menggunakan
alat/bahan
|
4.
|
Menerapkan
konsep
|
-
Menggunakan konsep yang telah
dipelajari dalam situasi baru
-
Menggunakan konsep pada
pengalaman baru untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi
|
5.
|
Berkomunikasi
|
-
Mengubah bentuk penyajian
-
Memberikan/menggambarkan data
empiris hasil percobaan atau pengamatan dengan grafik, tabel atau diagram
-
Menyusun dan menyampaikan
laporan secara sistematis
-
Menjelaskan hasil percobaan atau
penelitian
-
Membaca grafik, tabel atau
diagram
-
Mendiskusikan hasil kegiatan
suatu masalah atau suatu peristiwa
|
Ragam Indikator Keterampilan Proses Sains
4/
5
Oleh
Unknown
1 komentar:
halo kak, aku boleh minta buku dari rustaman tentang indikator KPS gk.. soalnya sulit untuk di akses ka
Reply