Selasa, 29 November 2016

Ragam Indikator Keterampilan Proses Sains

Ragam Indikator Keterampilan Proses Sains



No
Ragam Indikator Keterampilan Proses Sains Menurut Para Ahli
Menurut
Indikator Keterampilan Proses Sains
1
Rustaman (2005:86)
Observasi, klasifikasi, interpretasi, prediksi, mengajukan pertanyaan, berhipotesis, merencanakan percobaan, menggunakan alat bahan, menerapkan konsep, berkomunikasi, melaksanakan percobaan.
2
Semiawan (1986:21)
Observasi, menghitung, mengukur, mengklasifikais, mencari hubungan ruang/waktu, membuat hipotesis, merencanakan eksperimen, mengendalikan variabel, menginterpretasi, inferensi, memprediksi, mengaplikasi dan mengkomunikasikan.
3
Barba dalam Pudyo (1999:72) dikutip Fatmawati (2012:51)
Dibedakan menjadi keterampilan proses dasar dan keterampilan proses terintegrasi. Keterampilan proses dasar meliputi: observasi, klasifikasi, pengukuran, komunikasi, menyimpulkan, prediksi, hubungan tempat atau waktu, penggunaan angka dan identifikasi variabel. Sedangkan keterampilan proses terintegrasi meliputi: penyususnan hipotesis, pengontrolan variabel, investigasi, pendefinisian operasional dan eksperimen.



Menurut Rustaman (2005:86) keterampilan proses sains terdiri dari sepuluh komponen keterampilan, yang tertuang dalam indikator dan sub indikatornya yaitu:
Indikator dan Sub Indikator Keterampilan Proses Sains
No.
Indikator
Sub Indikator
1.
Mengamati/ observasi
-          Menggunakan sebanyak mungkin indera
-          Mengumpulkan/ menggunakan fakta yang relevan
2.
Mengelompokkan klasifikasi
-          Mencatat setiap pengamatan secara terpisah
-          Mencari perbedaan, persamaan
-          Mengontaskan ciri-ciri
-          Membandingkan
-          Mencari dasar pengelompokkan atau penggolongan
-          Menghubungkan hasil-hasil pengamatan
3.
Menafsirkan/ interpretasi
-          Menghubungkan hasil-hasilpengamatan
-          Menemukan pola dalam suatu seri pengamatan
-          Menyimpulkan
4.
Meramalakan/ prediksi
-          Menggunkan pola-pola hasil pengamatan
-          Mengemukakan apa yang mungkin terjadi pada keadaan yang belum diamati
5.
Mengajukan pertanyaan
-          Bertanya apa, bagaimana dan mengapa
-          Bertanya untuk meminta penjelasan
-          Mengajukan pertanyaan yang berlatar belakang hipotesis
6.
Berhipotesis
-          Mengetahui bahwa ada lebih dari satu kemungkinan penjelasan dari suatu kejadian
-          Menyadari bahwa  suatu penjelasan perlu diuji kebenarannya dengan memperoleh bukti lebih banyak atau melakukan cara pemecahan masalah
7.
Merencanakan percobaan/penelitian
-          Menentukan alat/bahan/sumber yang akan digunakan
-          Menentukan variabel/faktor penentu
-          Menentukan apa yang akan diukur, diamati, dicatat
-          Menentukan apa yang akan dilaksanakan berupa langkah kerja
8.
Menggunakan alat/bahan
-          Memakai alat bahan
-          Mengetahui alasan mengapa menggunakan alat/bahan
-          Mengetahui bagaimana menggunakan alat/bahan
9.
Menerapkan konsep
-          Menggunakan konsep yang telah dipelajari dalam situasi baru
-          Menggunakan konsep pada pengalaman baru untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi
10.
Berkomunikasi
-          Mengubah bentuk penyajian
-          Memberikan/menggambarkan data empiris hasil percobaan atau pengamatan dengan grafik, tabel atau diagram
-          Menyusun dan menyampaikan laporan secara sistematis
-          Menjelaskan hasil percobaan atau penelitian
-          Membaca grafik, tabel atau diagram
-          Mendiskusikan hasil kegiatan suatu masalah atau suatu peristiwa
  (Rustaman, 2005:86)
Adapun yang akan dijadikan indikator dalam penelitian ini mengacu pada indikator keterampilan proses sains menurut Rustaman (2005:86) meliputi:
Indikator Keterampilan Proses Sains untuk Penelitian
No.
Indikator
Sub Indikator
1.
Berhipotesis
-          Mengetahui bahwa ada lebih dari satu kemungkinan penjelasan dari suatu kejadian
-          Menyadari bahwa  suatu penjelasan perlu diuji kebenarannya dengan memperoleh bukti lebih banyak atau melakukan cara pemecahan masalah
2.
Merencanakan percobaan/penelitian
-          Menentukan alat/bahan/sumber yang akan digunakan
-          Menentukan variabel/faktor penentu
-          Menentukan apa yang akan diukur, diamati, dicatat
-          Menentukan apa yang akan dilaksanakan berupa langkah kerja
3.
Menggunakan alat/bahan
-          Memakai alat bahan
-          Mengetahui alasan mengapa menggunakan alat/bahan
-          Mengetahui bagaimana menggunakan alat/bahan
4.
Menerapkan konsep
-          Menggunakan konsep yang telah dipelajari dalam situasi baru
-          Menggunakan konsep pada pengalaman baru untuk menjelaskan apa yang sedang terjadi
5.
Berkomunikasi
-          Mengubah bentuk penyajian
-          Memberikan/menggambarkan data empiris hasil percobaan atau pengamatan dengan grafik, tabel atau diagram
-          Menyusun dan menyampaikan laporan secara sistematis
-          Menjelaskan hasil percobaan atau penelitian
-          Membaca grafik, tabel atau diagram
-          Mendiskusikan hasil kegiatan suatu masalah atau suatu peristiwa

Artikel Terkait

Ragam Indikator Keterampilan Proses Sains
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 komentar:

ira
27 Desember 2021 pukul 08.33 delete

halo kak, aku boleh minta buku dari rustaman tentang indikator KPS gk.. soalnya sulit untuk di akses ka

Reply
avatar