Keterampilan
proses terdiri atas sejumlah keterampilan yang satu sama lain sebenarnya tak
dapat dipisahkan, namun ada penekanan khusus dalam masing-masing keterampilan
proses tersebut. Terdapat beberapa pengertian keterampilan proses sains menurut
beberapa ahli, diantaranya yaitu:
a. Keterampilan proses sains merupakan keterampilan-keterampilan yang
dimiliki oleh para ilmuan untuk memperoleh dan mengembangkan produk sains
((Anitah (2007) dalam Juliawan (2011:6)).
b. Keterampilan proses adalah
keterampilan fisik dan mental terkait dengan kemampuan-kemampuan mendasar yang
dimiliki, dikuasai dan diaplikasikan dalam suatu kegiatan ilmiah sehingga para
ilmuan berhasil menemukan sesuatu yang baru (Semiawan, 1986:17).
c. Keterampilan proses adalah
keterampilan yang melibatkan beberapa keterampilan-keterampilan yaitu
diantaranya: (1) keterampilan kognitif karena dalam melakukan keterampilan proses siswa menggunakan
pikirannya; (2) keterampilan manual dalam penggunaan alat alat dan bahan,
pengukuran, penyusunan atau perakitan alat; (3) keterampilan sosial dalam
berinteraksi dengan sesamanya dalam melaksanakan belajar-mengajar, misalnya
mendiskusikan hasil pengamatan (Rustaman, 2005:78).
Berdasarkan penjelasan para ahli maka
keterampilan proses sains dapat diartikan sebagai keterampilan fisik dan mental
yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor yang dapat diaplikasikan dalam suatu kegiatan ilmiah.
Pembelajaran dengan pendekatan keterampilan
proses sains memberi kesempatan kepada siswa agar terlibat secara aktif dalam
pembelajaran dan membentu siswa dalam mempelajari materi menjadi lebih
bermakna, melatih siswa tentang cara-cara memecahkan masalah dalam kehidupan
sehari-hari dan merangsang minat siswa dalam pembelajaran. Keterampilan ini
dapat menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa.
Pengertian Keterampilan Proses Sains
4/
5
Oleh
Unknown