Selasa, 29 November 2016

Pengertian Keterampilan Proses Sains


Keterampilan proses terdiri atas sejumlah keterampilan yang satu sama lain sebenarnya tak dapat dipisahkan, namun ada penekanan khusus dalam masing-masing keterampilan proses tersebut. Terdapat beberapa pengertian keterampilan proses sains menurut beberapa ahli, diantaranya yaitu:
a.       Keterampilan proses sains merupakan keterampilan-keterampilan yang dimiliki oleh para ilmuan untuk memperoleh dan mengembangkan produk sains ((Anitah (2007) dalam Juliawan (2011:6)).
b.      Keterampilan proses adalah keterampilan fisik dan mental terkait dengan kemampuan-kemampuan mendasar yang dimiliki, dikuasai dan diaplikasikan dalam suatu kegiatan ilmiah sehingga para ilmuan berhasil menemukan sesuatu yang baru (Semiawan, 1986:17).
c.       Keterampilan proses adalah keterampilan yang melibatkan beberapa keterampilan-keterampilan yaitu diantaranya: (1) keterampilan kognitif karena dalam melakukan  keterampilan proses siswa menggunakan pikirannya; (2) keterampilan manual dalam penggunaan alat alat dan bahan, pengukuran, penyusunan atau perakitan alat; (3) keterampilan sosial dalam berinteraksi dengan sesamanya dalam melaksanakan belajar-mengajar, misalnya mendiskusikan hasil pengamatan (Rustaman, 2005:78).
Berdasarkan penjelasan para ahli maka keterampilan proses sains dapat diartikan sebagai keterampilan fisik dan mental yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor yang dapat  diaplikasikan dalam suatu kegiatan ilmiah. Pembelajaran dengan pendekatan  keterampilan proses sains memberi kesempatan kepada siswa agar terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan membentu siswa dalam mempelajari materi menjadi lebih bermakna, melatih siswa tentang cara-cara memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari dan merangsang minat siswa dalam pembelajaran. Keterampilan ini dapat menciptakan pembelajaran yang berpusat pada siswa.  

Artikel Terkait

Pengertian Keterampilan Proses Sains
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email