Selasa, 29 November 2016

Indikator jenjang kognitif menurut para ahli


Indikator jenjang kognitif menurut Anderson (1989) dalam Sanjaya (2010:128) terdiri dari:
   1. Mengingat (C1) yakni kemampuan menarik kembali informasi yang tersimpan, pada tingkatan        mengingat, indikator yang dikembangkan meliputi mengenali dan mengingat.
2  2. Memahami (C2) yakni kemampuan mengkonstruk makna atau pengertian berdasarkan pengetahuan awal yang dimiliki, indikator yang dikembangkan pada tingkatan memahami  meliputi menafsirkan (interpreting), memberi contoh (exampliying), meringkas (summarizing), menarik simpulan (inferring), membandingkan (compairing), dan menjelaskan (explaining).
3   3. Mengaplikasikan (C3) yakni kemampuan menggunakan suatu prosedur guna menyelesaikan masalah atau mengerjakan tugas, indikator yang dikembangkan pada tahap ini yaitu menjalankan (executing), mengimplementasikan (implementing).
44.  Menganalisis (C4) yakni kemampuan menguraikan suatu permasalahan atau objek ke unsur-unsurnya dan menentukan bagaimana keterkaitan antar unsur-unsur tersebut, indikator yang dikembangkan pada tahap ini yaitu menguraikan (diffrentiating), mengorganisir (organizing), menemukan makna tersirat (attributing);
55.  Mengevaluasi (C5) yakni kemampuan membuat suatu pertimbangan berdasarkan kriteria dan standar yang ada, indikator yang dikembangkan pada tahap ini yaitu memeriksa (checking), mengritik (critiquing);

66. Mencipta (C6) yakni kemampuan menggabungkan beberapa unsur menjadi suatu bentuk kesatuan , indikator yang dikembangkan pada tahap ini yaitu merumuskan (generating), merencanakan (planning), memproduksi (producing).

Artikel Terkait

Indikator jenjang kognitif menurut para ahli
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email