Indikator jenjang
kognitif menurut Anderson (1989)
dalam Sanjaya (2010:128) terdiri dari:
1. Mengingat (C1) yakni kemampuan
menarik kembali informasi yang tersimpan, pada tingkatan mengingat, indikator
yang dikembangkan meliputi mengenali dan mengingat.
2 2. Memahami (C2) yakni kemampuan
mengkonstruk makna atau pengertian berdasarkan pengetahuan awal yang dimiliki,
indikator yang dikembangkan pada tingkatan memahami meliputi menafsirkan (interpreting), memberi contoh (exampliying),
meringkas (summarizing), menarik
simpulan (inferring), membandingkan (compairing), dan menjelaskan (explaining).
3 3. Mengaplikasikan (C3) yakni
kemampuan menggunakan suatu prosedur guna menyelesaikan masalah atau
mengerjakan tugas, indikator yang dikembangkan pada tahap ini yaitu menjalankan
(executing), mengimplementasikan (implementing).
44. Menganalisis (C4) yakni kemampuan
menguraikan suatu permasalahan atau objek ke unsur-unsurnya dan menentukan
bagaimana keterkaitan antar unsur-unsur tersebut, indikator yang dikembangkan
pada tahap ini yaitu menguraikan (diffrentiating),
mengorganisir (organizing), menemukan
makna tersirat (attributing);
55. Mengevaluasi (C5) yakni kemampuan
membuat suatu pertimbangan berdasarkan kriteria dan standar yang ada, indikator
yang dikembangkan pada tahap ini yaitu memeriksa (checking), mengritik (critiquing);
66. Mencipta (C6) yakni kemampuan
menggabungkan beberapa unsur menjadi suatu bentuk kesatuan , indikator yang
dikembangkan pada tahap ini yaitu merumuskan (generating), merencanakan (planning),
memproduksi (producing).
Indikator jenjang kognitif menurut para ahli
4/
5
Oleh
Unknown