Selasa, 29 November 2016

Pengertian Pembelajaran

Pengertian Pembelajaran
Menurut (Harminto, 2004:1.1) Secara sederhana, Biologi memang dikatakan sebagai sebuah ilmu yang erat kaitannya dengan alam. ”Kata Biologi itu sendiri berasal dari sambungan dua patah kata bahasa Yunani, bio berarti hidup atau kehidupan dan logos berarti ilmu. Sehingga, dapatlah dipahami bahwa ruang lingkup kajian Biologi lebih dispesifikan pada makhluk hidup dan lingkungannya. 
Pembelajaran menurut Sudjana (2000) dalam Sugihartono, dkk
(2007:80) merupakan upaya yang dilakukan dengan sengaja oleh pendidik untuk membuat siswa mau melakukan kegiatan belajar. Pembelajaran dalam Sugihartono, dkk (2007: 114-115) memilik ciri-ciri yaitu sebagai berikut:
1)      Menyediakan pengalaman belajar;
2)      Menyediakan berbagai alternative pengalaman belajar;
3)      Mengintegrasikan pembelajaran dengan situasi yang realistis dan relevan dengan melibatkan pengalaman konkrit;
4)      Mengintegrasikan pembelajaran sehingga memungkinkan terjadinya transmisi sosial yaitu terjadinya interaksi dan kerjasama seseorang dengan orang lain atau lingkungannya;
5)      Memanfaatkan media termasuk komunikasi lisan dan tertulis sehingga pembelajaran lebih efektif;
6)      Melibatkan siswa secara emosional dan sosial sehingga proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan siswa termotivasi untuk belajar.
Menurut Dimyati dan Mudjiono dalam (Syaiful Sagala,2011: 62) pembelajaran adalah kegiatan guru secara terprogram dalamdesain instruksional, untuk membuat belajar secara aktif, yangmenekankan pada penyediaan sumber belajar.Dalam Elis Mediawati (2011: 69) menjelaskan pembelajaran menurut Oemar Hamalik (2004:57) yaitu suatu kombinasi yang tersusun meliputi unsur unsur manusiawi, material, fasilitas dan prosedur yang saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi yang terjadi antara guru dan murid serta sumber belajar dan 12 media yang terjadi secara sistematis untuk tujuan instruksional dalam suatu lingkungan belajar tertentu sehingga mengakibatkan adanya perubahan perilaku dan tingkah laku tertentu.Berdasarkan beberapa pengertian ahli tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran akuntansi adalah proses penyampaian informasi yang terjadi secarasistematis antara guru dan murid serta sumber belajar yang mempelajariproses identifikasi, pengukuran transaksi kemudian dilaporkan  dalam bentuk informasi pelaporan keuangan sehingga dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
a.    Komponen Pembelajaran
Menurut Nana Sudjana (2005: 57) berikut komponen-komponen yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran, yaitu:
a.         Komponen tujuan intruksional, yang meliputi aspek-aspek ruang lingkup, tujuan, reabilitas tujuan yang terkandung didalamnya, rumusan tujuan, tingkat kesulitan tujuan pencapaian, kesesuaian dengan kemampuan siswa, jumlah dan waktu yang tersedia untuk mencapainya, kesesuaian dengan kurikulum yang berlaku, keterlaksanaan dalam pembelajarannya.
b.        Komponen bahan atau metode pengajaran yang meliputi ruang lingkupnya,
kesesuaian dengan tujuan, tingkat kesulitan bahan, kemudahan untuk
memperoleh dan mempelajarinya, daya gunanya bagi siswa, keterlaksanaan
sesuai waktu yang tersedia, sumber untuk mempelajari, kesinambungan
bahan, relevansi bahan dengan kebutuhan siswa, prasyarat mempelajarinya.
c.         Komponen siswa, yang meliputi kemampuan prasyarat, minat, perhatian,
motivasi, sikap, cara belajar, kebiasaan belajar, kesulitan belajar, fasilitas
yang dimiliki, hubungan sosial dengan teman sekelas, masalah belajar yang
dihadapi, karakteristik dan kepribadian, kebutuhan belajar, identitas siswa
dan keluarganya yang erat kaitannya dengan pendidikan sekolah.
d.        Komponen guru yang meliputi penguasaan pelajaran, keterampilan
mengajar, sikap keguruan, pengalaman mengajar, cara mengajar, cara
menilai, kemauan dan mengembangkan profesinya, keterampilan
berkomunikasi, kepribadian, kemauan dan kemampuan memberikan
bantuan dan bimbingan kepada siswa, hubungan dengan siswa dan rekan
sejawatnya, penampilan diri dan keterampilan lain yang diperlukan.
e.         Komponen media, yang meliputi jenis media, daya guna, kemudahan
pengadaan, kelengkapan, manfaat bagi siswa dan guru, cara penggunaan.

f.         Komponen penilaian yang meliputi jenis alat penilaian yang digunakan, isi
dan rumusan pertanyaan, pemeriksaan dan interprestasinya, sistem penilaian
yang digunakan, pelaksanaan penilaian, tindak lanjut hasil penilaian, tingkat
kesulitan soal, validasi dan reliabilitas penilaian, daya pembeda, frekuensi
dan perencanaan penilaian. 

Artikel Terkait

Pengertian Pembelajaran
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email