Selasa, 29 November 2016

Pengertian Media Pembelajaran

Pengertian Media Pembelajaran
Kata media berasal dari bahasa latin “medius” yang berarti tengah,
perantara atau pengantar. Apabila media membawa pesan-pesan atau informasi
yang bertujuan instruksional atau mengandung maksud-maksud pengajaran
maka media disebut media pembelajaran (Arsyad, 2006: 3). Sedangkan
Menurut Sadiman, dkk (2006: 7) secara umum media diartikan sebagai segala
sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke dapat
merangsang pikiran, perasaan dan minat serta perhatian siswa sedemikian rupa
sehingga proses pembelajaran dapat terjadi.
Multimedia interaktif menggunakan komputer untuk menyusun penggunaan informasi yang disimpan dalam berbagai bentuk, termasuk teks, grafis, suara, video, dan animasi (Eristi 2006)
Multimedia Interaktif adalah salah satu media pembelajaran yang dapat dijadikan bahan ajar pendamping yang merupakan gabungan dari teks, suara, gambar, animasi, dan warna dimana pengguna mendapatkan keleluasaan dalam mengontrol multimedia tersebut.
Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Media pembelajaran secara umum adalah alat bantu proses belajar mengajar. Segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan,perhatian, dan kemampuan atau keterampilan siswa sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media (Harahap, 638:2014)

Menurut Darmin (1995) media pembelajaran berbasis teknologi dapat membuat pembelajaran lebih “powerfull” dimana kontak komunikasi antara individu yang ditunjang oleh teknologi dapat memberi nilai tambah (add value) dalam kemampuan komunikasi tertentu. Penggunaan media dalam proses belajar mengajar bukan merupakan fungsi tambahan, tetapi mempunyai fungsi sendiri sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi belajar yang aktif, efektif dan menyenangkan. Dari penjelasan terkait media pembelajaran oleh para ahli dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran adalah alat yang digunakan untuk  menyampaikan informasi yang didalamnya memiliki tujuan instruksional tertentu, kepada penerima pesan sehingga dapat merangsang siswa untuk belajar

Artikel Terkait

Pengertian Media Pembelajaran
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email