Selasa, 29 November 2016

Pengertian Pembelajaran Konvensional





  Pembelajaran Konvensional
Pembelajaran konvensional atau biasa adalah pembelajaran biologi dengan metode ceramah dan diskusi. Menurut Widayana (2007:36) ada empat hal pokok dalam metode ceramah yaitu, pertama konsep disajikan secara lisan atau verbal, kedua pelajaran terpusat pada guru, ketiga guru menjelaskan setiap langkah pelajaran, dan keempat siswa lebih banyak mendengarkan penjelasan guru. Kondisi pembelajaran seperti ini cenderung menempatkan siswa dalam posisi pasif sebagai penerima bahan ajar. Proses pembelajaran biologi seperti digambarkan di atas umumnya dilakukan di setiap sekolah.
Dalam hal ini menurut Sutikno (2008:91) pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah merupakan metode pembelajaran yang dilakukan dengan penyajian materi melalui penjelasan lisan seorang guru kepada siswa-siswanya. Metode ini adalah sebuah cara melaksanakan pembelajaran yang dilakukan oleh guru secara monolog dan hubungan satu arah. Aktivitas siswa dalam pembelajaran yang menggunakan  metode ini hanya menyimak sambil sesekali mencatat.

Dari pengertian metode konvensional di atas dapat disimpulkan bahwa metode konvensional adalah metode yang biasa digunakan dalam menyajikan pelajaran kepada siswanya, seiring perkembangan zaman, pembelajaran konvensional yang disesuaikan dengan tuntutan kurikulum 2013 menuntut guru melakukan pembelajaran dengan pendekatan sains, sehingga pembelajaran dengan pendekatan sains dapat dianggap sebagai pembelajaran konvensional.

Artikel Terkait

Pengertian Pembelajaran Konvensional
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email