Hands On Activity merupakan
suatu model pembelajaran yang dirancang untuk melibatkan peserta didik dalam menggali
informasi dengan bertanya, beraktivitas dan menemukan, mengumpulkan data dan
menganalisis serta membuat kesimpulan. Belajar dengan melakukan kegiatan tangan
dan kegiatan berpikir (minds on activity). Hands On Activity pada
pengamatan materi pembelajaran ditekankan pada perkembangan penalaran,
membangun model, keterkaitannya dengan aplikasi dunia nyata (Ahmad, 2015:9).
Model pembelajaran Hands On Activity yaitu
model pembelajaran dimana siswa tidak hanya melihat dan mendengarkan guru
menjelaskan, tetapi dalam pembelajaran ini siswa mengamati, melakukan dan
mengidentifikasi secara langsung pada objek yang dipelajari. Model pembelajaran
ini dapat membuat siswa mempunyai pengalaman langsung, sehingga dapat mengatasi
masalah belajar siswa seperti sulit mengingat materi pelajaran (Wena, 2012:21).
Dari penjelasan teori para ahli di atas dapat
disimpulkan bahwa model pembelajaran adalah suatu pola atau rencana yang sudah direncanakan
sedemikian rupa dan digunakan untuk mengoperasikan kurikulum, mengatur materi
pelajaran, dan memberi petunjuk kepada pengajar dalam melaksanakan proses
pembelajaran di kelasnya. Model pembelajaan Hands On Activity didefinisikan sebagai
model pembelajaran yang melibatkan aktivitas dan pengalaman langsung dengan
fenomena alam atau pengalaman pendidikan yang secara aktif melibatkan siswa
dalam pengamatan suatu objek untuk mendapatkan pengetahuan atau pemahaman.
Langkah-langkah pembelajaran hands on
activity menurut Ahmad (2015:45) adalah
sebagai berikut:
a.
pertanyaan apersepsi (questioning
and constructivism) yaitu pembelajaran
diawali dengan memberikan pertanyaan untuk menggali pengetahuan awal siswa yang
mampu meningkatkan aktivitas bertanya dan menjawab pada siswa.
b.
Pembentukan kelompok belajar (learning
community) secara heterogen untuk mengatasi aktivitas kerjasama siswa yang
rendah dalam pembelajaran IPA.
c.
Memberikan modeling tentang
cara-cara melakukan percobaan (Modeling and inquiry) yaitu pembelajaran dilakukan
dengan memberi modeling tentang cara-cara melakukan percobaan dan
dilanjutkan melakukan kegiatan percobaan (inquiry) mengamati
permasalahan secara nyata yang ada di lingkungan sekitar sekolah sehingga
aktivitas melakukan percobaan, membuat tabel dan menuliskan data percobaan serta
menjawab pertanyaan dalam LKS meningkat.
d.
Penilaian kinerja siswa (authentic
assessment) dilakukan selama pembelajaran berlangsung oleh guru untuk
meningkatkan aktivitas siswa dalam memperhatikan informasi, sajian presentasi
dan kerjasama.
e.
Kesimpulan yaitu pembelajaran
diakhiri dengan mengajak siswa secara mandiri dalam memberikan kesimpulan atas
pembelajaran yang telah dilakukan yang dikaitkan dengan pengetahuan awal yang
dimiliki (constructivism). Serta guru memberikan refleksi untuk meluruskan konsep materi sebenarnya.
Pengertian Model Pembelajaran Hands On Activity
4/
5
Oleh
Unknown
7 komentar
Assalammualaikum teh boleh minta reverensi buku yg bahas hands on activity ? Saya perlu untuk reverensi skripsi
ReplyAsslamua'laikum,,
ReplyIni ada reverensi bukunya,, klo ada saya butuh buat bahan skripsi saya?
Mohon bantuannya teh
Asslamua'laikum,,
ReplyIni ada reverensi bukunya,, klo ada saya butuh buat bahan skripsi saya?
Mohon bantuannya teh
A sudah ada buku tentang model ini ?
ReplyKak saya boleh minta refrensi buku model hans on activity ??? Kalo ada nama bukunya apa ya kak
ReplyMohon bantuannya kak
ReplyBolehkan saya tau buku ini apa yaa kak,untuk skripsi
Reply