Model pembelajaran adalah pola atau rencana
yang dapat digunakan untuk mengoprasikan kurikulum, merancang materi
pembelajaran, dan untuk membimbing pembelajaran dalam setting kelas atau
lainnya (Soetopo, 2005:146). Model pembelajaran dapat diartikan sebagai
kerangka konseptual yang digunakan oleh pengajar sebagai pedoman dalam
melakukan kegiatan pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang efisien
(Sagala, 2003:175). Adapun Trianto (2009:74) mengemukakan maksud dari model
pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang
sistematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan
belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang
pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar.
Istilah model pembelajaran menurut Trianto (2009:23)
memiliki makna yang lebih luas daripada strategi, metode atau prosedur. Model
pembelajaran mempunyai empat ciri khusus yang tidak dimiliki oleh strategi,
metode atau prosedur. Ciri-ciri tersebut adalah:
1.
Rasional teoritis logis yang
disusun oleh para pencipta atau para pengembangnya
2.
Landasan pemikiran tentang apa dan
bagaimana siswa belajar dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
3.
Tingkah laku mengajar yang diperlukan
agar model tersebut dapat dilaksanakan dengan berhasil
4.
Lingkungan belajar yang diperlukan
agar tujuan pembelajaran itu dapat tercapai
Hands On Activity merupakan
suatu model pembelajaran yang dirancang untuk melibatkan peserta didik dalam menggali
informasi dengan bertanya, beraktivitas dan menemukan, mengumpulkan data dan
menganalisis serta membuat kesimpulan. Belajar dengan melakukan kegiatan tangan
dan kegiatan berpikir (minds on activity). Hands On Activity pada
pengamatan materi pembelajaran ditekankan pada perkembangan penalaran,
membangun model, keterkaitannya dengan aplikasi dunia nyata (Ahmad, 2015:9).
Model pembelajaran Hands On Activity yaitu
model pembelajaran dimana siswa tidak hanya melihat dan mendengarkan guru
menjelaskan, tetapi dalam pembelajaran ini siswa mengamati, melakukan dan
mengidentifikasi secara langsung pada objek yang dipelajari. Model pembelajaran
ini dapat membuat siswa mempunyai pengalaman langsung, sehingga dapat mengatasi
masalah belajar siswa seperti sulit mengingat materi pelajaran (Wena, 2012:21).
Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli
4/
5
Oleh
Unknown