Selasa, 29 November 2016

Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli



Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli

Model pembelajaran adalah pola atau rencana yang dapat digunakan untuk mengoprasikan kurikulum, merancang materi pembelajaran, dan untuk membimbing pembelajaran dalam setting kelas atau lainnya (Soetopo, 2005:146). Model pembelajaran dapat diartikan sebagai kerangka konseptual yang digunakan oleh pengajar sebagai pedoman dalam melakukan kegiatan pembelajaran agar tercipta pembelajaran yang efisien (Sagala, 2003:175). Adapun Trianto (2009:74) mengemukakan maksud dari model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar.

Istilah model pembelajaran menurut Trianto (2009:23) memiliki makna yang lebih luas daripada strategi, metode atau prosedur. Model pembelajaran mempunyai empat ciri khusus yang tidak dimiliki oleh strategi, metode atau prosedur. Ciri-ciri tersebut adalah:
1.      Rasional teoritis logis yang disusun oleh para pencipta atau para pengembangnya
2.      Landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana siswa belajar dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
3.      Tingkah laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan dengan berhasil
4.      Lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itu dapat tercapai
Hands On Activity merupakan suatu model pembelajaran yang dirancang untuk melibatkan peserta didik dalam menggali informasi dengan bertanya, beraktivitas dan menemukan, mengumpulkan data dan menganalisis serta membuat kesimpulan. Belajar dengan melakukan kegiatan tangan dan kegiatan berpikir (minds on activity). Hands On Activity pada pengamatan materi pembelajaran ditekankan pada perkembangan penalaran, membangun model, keterkaitannya dengan aplikasi dunia nyata (Ahmad, 2015:9).

Model pembelajaran Hands On Activity yaitu model pembelajaran dimana siswa tidak hanya melihat dan mendengarkan guru menjelaskan, tetapi dalam pembelajaran ini siswa mengamati, melakukan dan mengidentifikasi secara langsung pada objek yang dipelajari. Model pembelajaran ini dapat membuat siswa mempunyai pengalaman langsung, sehingga dapat mengatasi masalah belajar siswa seperti sulit mengingat materi pelajaran (Wena, 2012:21).

Artikel Terkait

Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email