Selasa, 29 November 2016

Jenis-jenis Media

Jenis-jenis Media

Jenis Media merupakan media yang menunjang kehidupan sebagai beberapa bakteri dan juga dapat membedakan berbagai kelompok bakteri.
1.      Media Difrensial
Merupakan media yang menunjang kehidupan beberapa bakteri dan juga dapat membedakan berbagai kelompok bakteri.Selain darahdigunakan berbagai penunjuk pH (pH indicator) sebagai pembeda, sebagai contoh: biru bromtimol, merah fenol, merah netral.
2.      Media selektif
Media ini penghambat pertumbuhan bakteri tertentu  dan juga membolehkan pertumbuhan bakteri tertentu. Media ini digunakan untuk mengisolasi bakteri tertentu. Sebagai bahan penghambat digunakan, Kristal violet, eosin v.bin metilen dan beriliant green akan menghambat bakteri gram (+).
3.      Media selektif dan difrensial.
Media ini bersifat selektif dan difrensial biasanya di gunakan untuk identifikasi.
4.      Media untuk Bakteri Anaerob
Seberpa bahan kimia dapat di tambahkan kedalam media untuk mengurangi kandungan oksigen dengan cara pengikatan secara kimia. Bahan tersebut adalah: Na thioglikolat,  cystcine, asam askobat
5.             Media penyebar
Media ini akan mempercepat pertumbuhan organisme tertentu cara ini digunakan bila diinginkan salah satu organisme tertentu di suatu biakan campuran bakteri. Pada umumnya media ini menggunakan bahan/zat hara yang serupa dengan habitat, mengisolasi bakteri tersebut.Zat hara yang ditambahkan kedalam media Nitrogen, karbon, vitamin dan faktor pertumbuhan garam mineral air (Hastowo, 1992).

Artikel Terkait

Jenis-jenis Media
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email